Difinisi TQM:
Suatu pendekatan dalam menjalankan usaha dengan memaksimalkan daya saing organisasi melalui perubahan secara terus menerus atas produk, jasa, tenaga kerja, proses dan lingkungannya untuk kepuasan pelanggan dengan mengikutsertakan peran aktif seluruh karyawan dan jajaran pimpinan perusahaan.
Perubahan secara terus menerus :
Melakukan pemecahan masalah (Problem Solving ) , Perbaikan
kualitas ( Quality Improvement ) melalui :
1.Continuous
Improvement.
2.Innovation.
Menciptakan kesadaran dari kebutuhan dan kesempatan untuk perbaikan/peningkatan.
Mengamanatkan/menugaskan perbaikan kualitas dan membuatnya sebagai bagian dari setiap deskripsi pekerjaan.
Menciptakan infrastruktur : menetapkan dewan qualitas, memilih proyek untuk perbaikan, menentukan atau menunjuk tim, menyiapkan fasilitator.
Memberikan pelatihan tentang metode perbaikan.
Meninjau kembali kemajuan secara teratur.
Memberikan penghargaan kepada tim pemenang.
Mempropagandakan/mempopulerkan hasil-hasil perbaikan kualitas.